22.9 C
New York
Juni 18, 2021
Daerah Informasi News Sekitar Kita

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH

Teman pemilih…Pagi ini kami sampaikan sedikit proses mengenai Pemutakhiran Data Pemilih Pada Pemilihan Serentak 2020 ya..

Dari semua tahapan pemilihan, pemutakhiran data pemilih adalah tahapan terpanjang..🦋

dimulai dari persiapan pencocokan dan penelitian (coklit), lalu pelaksanaan coklit selama lebih kurang 28 hari…

lalu penyusunan daftar pemilih sebelum ditetapkan sbg Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) yang dilakukan berjenjang di PPS tgkt Nagari, PPK tngkt Kecamatan

KPU tgkt kabupaten di sini ditetapkan sbg Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan KPU prov Sumatera Barat.

Setelah DPS ditetapkan, selama 10 hari diumumkan di tengah2 masyrakat, sembari menerima masukan dan tanggapan masyrakat..dg mengisi form A1A bagi masyrakat yang belum terdaftar sbg pemilih..

Setelah waktu pengumuman dan tanggapan selesai, daftar pemilih disusun lg untuk kemudian ditetapkan berjenjang sbg (DPSHP) Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan ditingkat PPS, PPK dan KPU.

Di kabupaten (KPU) DPSHP menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan kita pakai saat pemungutan suara di TPS.

Terkesan mungkin simple, tetapi butuh keseriusan, kecermatan dan ketelitian melakukan step by step tahapan pemutakhiran ini..

KPU Tanah Datar menjalankan semua proses dg semaksimal mungkin, mulai dari rapat2, koordinasi dg pihak2 terkait..rapat kerja dan bimtek dg penyelenggara adhock (PPDP) sbg petugas coklit, PPS dan PPK serta dg KPU Provinsi dan KPU RI, baik yang dilakukan secara daring ataupun tatap muka.

Melakukan lauching DPS, melakukan uji publik di KPU Kab,PPK dan juga di semua PPS di tingkat nagari..memastikan warga masyrakat terdata dlm daftar pemilih..

Membuka posko layanan pegaduan masyrakat untuk DPS, melakukan sosialisasi2 ke masyrakat di berbagai media radio, media online ataupun media massa.. sosialisasi ini dilakukan massif oleh semua tingkatan penyelenggara sampai ke bawah..

Sesuai aturan undang2 dan PKU 19 ttg Pemutakhiran, yang menjadi prinsip dasar dlm pemutakhiran ini adalah memastikan seluruh warga masyrakat yang sdh memiliki hak pilih terdata dlm DPT kita..

Selalu tdk lelah menyuarakan, agar kita ngeh melihat data kita dlm data pemilih yang kami susun..dg syarat memiliki identitas kependudukan Tanah Datar dibuktikan dg KTP_el.

Related posts

SK NOMOR 49/PL.02.3-Kpt/1304/KPU-Kab/IX/2020 TENTANG PENGUNDIAN DAN PENGUMUMAN NOMOR URUT PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI TANAH DATAR TAHUN 2020

admin

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI WAWANCARA CALON ANGGOTA PPS TAHUN 2020

KPU Tanah Datar

FORMULIR PENCALONAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TANAH DATAR TAHUN 2020

admin

Leave a Comment